Pages

Selasa, 15 Januari 2013

merawat sistem oprasi multimedia


1.Laptop
v  Membersihkan “Keyboard”        : Keyboard laptop gampang sekali kotor, entah karena jari tangan yang berminyak, abu rokok, remah-remah roti, atau debu. Ambil kuas dan sapukan ke sela-sela tombol untuk mengeluarkan kotoran, atau gunakan vacuum cleaner portabel untuk menyedot debu yang ada.
a.    Mengelap Layar               : Jangan sembarangan menggunakan cairan pembersih pada layar, pakailah pembersih kaca. Semprotkan pada kain halus atau katun, lalu poles layar monitor. Jangan menyemprotkan langsung pada layar, karena bisa menyebabkan pemukaan LCD (Liquid Crystal Display) menjadi belang. Hindari Panas Matahari   : Jangan meninggalkan notebook di dalam mobil yang diparkir di bawah sinar matahari. Panas yang berlebihan di dalam mobil bisa menyebabkan kerusakan komponen-komponen notebook.
b.    Menghindari Goresan       : Amankan benda-benda tajam dari sekitar notebook. Taruh lapisan pelindung di atas keyboard sebelum menutup case, agar layar tak tergores. Apabila hendak berpergian, masukkan notebook pada wadah/tas yang telah tersedia.
c.    Case Cemerlang               : Tangan yang kotor dan berminyak juga menjadi penyebab case tidak lagi mengilat. Pakai deterjen nonzat alkalin dicampur air untuk membersihkannya. Bisa pula dengan pembersih multiguna untuk peranti elektronik, yang biasanya berupa busa. Semprotkan pada kain lap lembut, lalu gosok secara perlahan permukaan case.
d.    Menyimpan notebook        : Bila akan menyimpan notebook dalam waktu lama, sebaiknya lepaskan baterai dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering, serta bersirkulasi udara cukup baik. Taruh silikon gel untuk menghindari jamur. Begitu ingin menggunakannya kembali, setrum baterai dengan cara mengisi dan mengosongkan sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut.
e.    Hindari Medan Magnet     :Untuk melindungi data yang ada di dalam hard disk, jangan letakkan peranti yang mengandung medan magnet/elektromagnet kuat di sekitar notebook. Piranti-piranti penghasil medan magnet, misalnya, spiker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system) atau telepon selular. Sekiranya anda ingin mengakses Internet menggunakan fasilitas infrared pada ponsel, letakkan ponsel dalam jarak sekitar 15 cm dari notebook.

 2.Kamera Video
Merawat kamera video dilakukan dengan enam langkah berikut ini :
1)    Jangan tingalkan kaset di dalam camcorder anda saat tidak digunakan. Kaset bisa menyebabkan gesekan dan hal ini bisa mengakibatkan masalah pada proses merekam dan memutar.
2)   Usahakan Memasukkan kaset video dalam kondisi benar-benar dingin. Pelembab dari udara yang hangat dapat membuat kaset menempel pada bagian drum sehingga merusak kaset dan dapat merusak video head.
3)   Jangan meninggalkan baterai di dalam camcorder saat tidak digunakan. Beberapa camera menarik energi baterai dalam jumlah kecil, namun konstan sehinga dapat menghabiskan baterai.
4)   Jangan meninggalkan kaset camcorder di dalam mobil yang terkena udara panas.
5)   Jangan menaruh label pada kaset camcorder dimana label ini kemungkinan berlawanan dengan pembuka pintu kaset. Hal ini dapat menyebabkan kaset menyangkut di dalam kamera.
6)   Rawat handycam/kamera video sobat dengan menyerahkannya pada teknisi untuk membersihkan tape head saat kotor.


Peralatan fotografi digital membutuhkan investasi dana yang tidak sedikit, sehingga perawatan mutlak harus dilakukan secara rutin. Perawatan yang baik akan mempertahankan kondisi perlatan fotografi kita untuk tetap bisa dipergunakan dengan baik, bisa dipergunakan dalam jangka waktu yang lama, dan tentunya dapat mempertahankan harga jualnya kembali. Beberapa hal yang harus dihindari oleh kamera:
1. Hindari Cuaca dingin atau Ruangan dingin ber-AC
2. Hindari Benturan
3. Hindari Pemakaian fasilitas REW/FF pada kamera
4. Jangan terlalu pake fasilitas manual kecuali dalam ruangan.
5. Hindari Pemakaian kaset bekas, kecuali kaset tersebut baru terpakai 1 atau 2 kali. Dengan  penyimpanan kaset yang baik, jauh dari debu.
6. Kalau bisa dan sangat disarankan capture gambar pake alat lain seperti handycame.
7. Selalu membawa cadangan kamera.
          Bagi anda yang memiliki kamera Walau sudahsangat mahir dalam mengoperasikannya, namun juga sangat perlu di ketahui bagaimana cara merawatkamera dengan benar agar terhindar dari kerusakan dan berumur panjang.Berikut ini ada sedikit tips tentang cara merawat kamera yang baik, agar kamera anda bisa tetap awet,dapat berfungsi dengan baik dan berumur panjang.
a.     Tempat Penyimpanan :
          Tempat penyimpanan sangat perlu diperhatikan, simpan lah kamera anda di tempat yang sejuk ( tidah terlalu panas dan tidak terlalu lembab ) dan terhindar dari debu. Anda bisamembeli Lemari khusus penyimpan kamera tapi harganya masih relatif mahal, untuk alternativ lainanda bisa membeli Lemari kaca / kayu yang lebih murah, pasangkan lampu 5watt di dalamnya dan atur  jarak dari lampu ke kamera anda sekitar 40cm agar suhu di dalam almari bisa tetap sejuk. Kemudianletakkan beberapa silica gel untuk menghindari jamur.
b.    Hindari sinar Matahari berlebihan :
Panas sinar matahari yang berlebihan bisa merusak bagian bagian kamera anda yang terbuat dari plastik dan karet serta komponen elektronik di dalamnya.

c.     Hidari Kapur Barus :
          Kapur barus adalah benda yang sangat di takuti oleh kamera, karena kapur  barus dapat merusak PBC ( printed circuit board ) yaitu tempat dimana chip elektronik kamera itu terpasang. Uap kapur barus juga dapats membuat flek - flek pada lensa kamera anda. Menurut berita kerusakan pada kamera yang di sebabkan oleh kapur barus sangat sulit diperbaiki dan bahkan mungkin tidak bisa di perbaiki lagi.
d.     Hindari Air Laut :
          Air laut sangat berbahaya bagi kamera,  jauhkan kamera dari cipratan air laut, air laut sangat jahat dan penyebab karat yang potensial terhadap kamera ataupun perangkat elektronik yang lainnya. Bagi pengguna kamera D-SLR, jangan sekali sekali mengganti lensa di pantai apalagi dilaut, karena Uap air laut yang di hembuskan angin dapat masuk ke dalam kamera anda dan membawa butir-butir pasir dan zat garam yang menyebabkan kerusakan pada bagian dalam kamera anda. Sehabis hunting di laut atau pantai segeralah bersihkan kamera anda karena butir butir pasir yang mengandung zat garam dapat menyebabkan karat pada bagian kamera yang terbuat dari besi.
e.     Bersihkan kamera :
          Usahakan anda dapat membersihkan selalu kamera anda seusai di gunakan atau setidaknya seminggu sekali. Gunakan lap halus khusus kamera atau yang biasanya di pakai mengelap kacamata untuk memebersihkan body dan bagian luar lensa untuk bagian depan lensa dan filternya anda bisa menggunakan tisu basah khusus pembersih lensa. Untuk membersihkan debu gunakanlah kuas halus atau kuas rias dan untuk bagian dalam kamera gunakanlah blower khusus kamera. Semua peratan di tersebut bisa anda dapatkan di toko kamera terekat di kota anda.

f.     Servislah Berkala :
          Lakukan servis secara berkala jangan tunggu sampai kamera anda rusak baru diservis. Servislah kamera anda di tempat yang resmi, apabila anda bukan tukang servis kamera jangan sekali sekali membongkar kamera anda di rumah.Berikut beberapa tips untuk merawat kamera digital SLR dan peralatan fotografi lainnya:
g.     Merawat lensa.
          Lensa merupakan jendela bagi mata untuk melihat dunia luar. Lensa merupakan elemen terpenting untuk dapat menghasilkan gambar yang baik. Beberapa langkah perawatan lensa adalah sebagai berikut:
Ø  Jangan menyentuh lensa secara langsung dengan jari. Untuk mengurangi kemungkinan ini terjadi, usahakan lens hood selalu terpasang. Lens hood juga akan melindungi bagian depan lensa dari benturan sekaligus mencegah munculnya flare pada cahaya frontal menuju lensa.
Ø  Pasang lens cap ketika lensa sedang tidak dipergunakan, hal ini bertujuan mengurangi kemungkinan terpapar dan menempelnya debu pada permukaan lensa.
Ø  Jika kegiatan membersihkan lensa diperlukan, maka mempergunakan peralatan pembersih yang baik sangat dianjurkan. Selalu pergunakan lens brush, lens blower , lens paper dan lens cloth yang baik.
1.     Bersihkan makeup, keringat, kotoran, dan produk rambut dari headset Anda secara berkala, seperti headset dapat menjadi sangat kotor.  Jika kotoran menembus casing luar unit, dapat mengganggu pengoperasian headset. Gunakan kain basah atau tisu bebas alkohol untuk membersihkannya dengan lembut.
2.    Jangan tarik kabel dari headset yang dijalin dgn tali untuk menghapusnya dari perangkat.  Hanya menghapus perangkat secara langsung di adaptor, atau tali akan rusak.  Bahkan sejumlah kecil gaya berulang dari waktu ke waktu dapat menyebabkan kabel secara bertahap menarik dari adaptor dan kabel interior keributan.
Tips & Peringatan
 • Simpan headset dalam kantong kain jika tidak digunakan untuk merawat bagian luar dan untuk mencegah goresan.  Banyak headset  yang datang dengan media penyimpanan lembut, tapi jika Anda tidak, Anda dapat membeli tas kain dari seni dan toko kerajinan.
• Mengisi penuh headset nirkabel sebelum digunakan untuk memaksimalkan masa pakai baterai.
• Jangan pernah menyimpan headset nirkabel dengan daya.
• Jangan biarkan headset Anda di saku belakang Anda atau Anda mungkin lupa dan duduk di atasnya, menyebabkan kerusakan.
3.  Printer
Tips Cara Merawat Printer Yang Benar :
·         Setelah menggunakan Printer ada baiknya semua lubang kertas baik yang masuk atau pun keluar di tutup dengan benar. Hal ini untuk menghindari benda asing atau pun debu masuk ke dalam printer sobat. Sahabat saya pernah mengalami hal ini, keponakan dari sahabat saya tidak senagaja memasukkan gunting kuku ke dalam lubang tempat kertas masuk, alhasil Printer tidak bisa dipakai untuk mencetak karena terganjal oleh gunting kuku. Terkadang juga ada benda asing yang masuk secara tidak sengaja ke dalam Printer, seperti potongan kerta, debu dll. Jika Printer sudah terlanjur kemasukan debu. Tiup dengan alat tiup seadanya atau tiup manual. Bersihkan dan tiup sekitar motor penarik kertas. Berikan sedikit air pada roda penarik kertas dan gunakan kertas bekas untuk mencoba test print. Hal ini akan membersihkan debu yang sudah terlanjur menempel di roda penarik kertas. Gunakan sedikit air saja, jangan terlalu banyak. Apalagi sampai meluber ke dalam Printer.
·         Gunakan Printer setiap hari. Maksudnya di sini bukan melakukan print secara terus menerus dalam jumlah banyak. Melainkan melakukan print satu lembar saja atau secukupnya. Intinya di sini adalah agar tinta sobat tidak membeku di Cartridge.
·         Gunakan kertas di dalam lubang masuk printer secukupnya. Selain agar tidak malas untuk menutup setelah digunakan. Hal ini juga agar tidak terjadi slip karena roda penarik tidak punya cukup ruang untuk menarik kertas serta agar kertas tidak terlipa di dalam.
·         Biasakan untuk mencetak dalam batas wajar. Printer memiliki jumlah batas cetak dan batas cetakan per cetakan. Maksudnya di sini, jika anda ingin mencetak banyak. Usahakan agar mencetak secara sedikit demi sedikit. Hal ini untuk menghindari keausan di Head Cartridge. Jika mencetak 100 lembar, cetaklah 10-20 per cetakan. Istirahatkan sebentar baru dipergunakan lagi.
·         Usahakan selalu mengocok kertas sebelum digunakan. Hal ini bertujuan agar kertas tidak ikut masuk dalam jumlah banyak.
·         Setelah menghidupkan printer, biasakan untuk membiarkan printer tersebut sejenak sebelum digunakan. Apalagi jika sebelumnya printer mati secara tidak wajar (Mati Lampu).
·         Biasakan mematikan printer lewat tombol power setelah printer sudah tidak digunakan. Perhatikan dahulu apakah printer sudah tidak bekerja (Cleaning) dan tempat Cartridge sudah kembali ke tempat asal.
·         Pakai tinta yang bagus atau tinta yang sudah direkomendasikan. Hal ini supaya hasil cetakan bisa lebih bagus dan Cartridge lebih awet.
·         Isi tinta jika kelihatan sudah hampir habis. Untuk tinta infus, jangan sampai membiarkan isi tinta di bawah setengah tabung.
·         Jangan sembarang mencoba memperbaiki sendiri. Jika sobat memang mencoba memperbaiki sendiri, sebaiknya carilah referensi terlebih dahulu sedetail mungkin. Agar tidak terjadi kesalahan pada perbaikan.
·         Jangan pernah menyentuh chip, sensor atau pun benda yang kelihatan sangat sensitif pada printer. Hal ini akan menyebabkan printer tidak bekerja secara normal. Seperti jika sensor kotor maka hasil cetakan terkadang tidak bisa merata.
·         Gunakan kertas yang sesuai dengan printer. Terkadang ada beberapa printer yang sensitif jika diberikan kertas terlalu tipis atau tebal.
4.  Speaker 
Tip Memilih Speaker Untuk PC ( Personal Komputer ) anda :
a.    Sesuaikan kebutuhan anda pada saat membeli speaker
b.    Maksimalkan Budget yang ada
c.    Untuk dana yang terbatas simbadda dan advance dah lumayan ( pilih yg ga terlalu banyak pernak-perniknya)
d.    Saat membeli perhatikan frekuensi tinggi dan rendahnya, jangan cuma bass-nya doang yg dites
e.    Pilih bahan membran speaker pada subwoofer yang lapisannya karet atau elastis
f.    Pilih bahan dari kayu yang akustiknya oke dan tampilan juga perlu eye catchy
g.    Yang paling dominan pastinya dong anda yang menentukan
    Kualitas sub woofer/speaker dapat dilihat dari perbedaan reproduksi suara bass yang bagus, perhatikan jenis suara bass drum yang keluar dari speaker berikut DUB…! Atau DUNGGG..!
    Pada saat volume kencang (mode surround off) bedakan suara bass drum kalau bisa hanya mengeluarkan suara 1 aja dan mampu menggetarkan dada…nah pada saat mode surround on, bass drum ada efek vibran/sustain agak panjang dan cenderung suara no.1+2 hampir bersamaan dan itulah speaker yang oke
    Jangan Pilih kalau mode surround off tapi suaranya cenderung no.2 aja atau lebih parah lagi ada getaran rrrr…atau ssss… pada speaker bahkan agak pecah – jangan pilih yang itu
testing speaker silakan volume speaker full 100% tapi volume software musik diusahakan jangan melebihi 75% dan setting equalizer jangan lebay.
5.  Perawatan Speaker Aktif
·         Volume Software pemutar musik ( winamp, jetaudio, dll ) jangan lebih dari 75%, kalau ingin suara kencang menggelegar – keraskan volume speaker anda boleh sampai Full 100%
·         kenali kemampuan speaker anda sampai batas desibel tertentu, default setting software sudah cukup untuk menghasilkan suara yg lumayan.
·         kalau membutuhkan penyesuaian tingkat desibel tertentu silakan menggunakan auto tuner atau preset yg disediakan software, misal : pop, rock, jazz, dst kalau masih kurang silakan ditambah efek BBE viva, Wide, Reverb, Surround,dst
·         untuk yang sudah advance / mahir silakan rubah secara manual equalizer anda dan jangan merusak telinga anda
    Beberapa Alasan Kenapa Untuk Volume Speaker boleh Kenceng Tapi Untuk Volume Software Tidak di Rekomendasikan ?
          Karena Volume Software akan memperpendek usia membran yang ada di speaker/saloon anda, paling tidak kualitas output suara jadi menurun lama2 kelamaan bisa muncul desis/bunyi berisik lainnya istlahnya seperti ini diibaratkan volume software adalah arus air sedangkan volume speaker adalah bendungan dan penyalur arus air, kalo volume software 100% sedangkan volume hardware/speaker 30% maka seperti agan membangun bendungan kecil untuk menahan arus air yg sangat besar, lama2 jebol lah bendungan tersebut. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar