Pages

Sabtu, 04 Agustus 2012

Pengetahuan Komputer


Pada mulanya manusia telah di hadapkan pada masalah berhitung. manusia purba untuk menghitung angka-angka masih menggunakan cara yang sangat sederhana, yaitu dengan menggunakan jari-jari tangan atau batu, sehingga untuk perhitungan dengan taraf yang lebih besar mengalami hambatan. di daratan cina pada 3000 tahun yang lalu telah ditemukkan alat untuk menghitung dengan nama abacus biasa di sebut (sempoa) yang terkenal hingga daratan timur tengah bahkan sampai ke daratan eropa, alat ini sangat membantu manusia dalam perhitunggan angka yang lebih besar dibandingkan menggunakan jari tangan atau batu. namun perhitungan dengan menggunakkan abacus masih dirasakan kurang oleh manusia.

System Komputer
komputer dari sejak awal dibuat hingga kini banyak mengalami perubahan dan penyempurnaan bentuk dan fungsi, pada 1930 lahirlah suatu konsep dari komputer-komputer serba guna yang menjadi awal dari komputer modern masa kini. ditambah lagi dengan kemajuaan teknologi yang telah mendorong orang-orang berbakat untuk berfikir secara pesat. pada 1937, Alan Turin seorang ahli matematika bangsa inggris membuat sebuah analisis teoritis dari kemungkinan pengembangan komputer yang serba guna pelaksanaan gagasan tersebut dapat segera terwujud, karena pada perang dunia ke II pihak militer sangat membutuhkan perhitungan-perhitungan yang cepat, matang, dan akurat untuk kebutuhan perang, sehingga dari dari gagasan tersebut perkembangan perangkat keras (hardware) mengalami perubahan bentuk dan fungsinya, dan perangkat lunak (software) mengalami perkembangan penggunaan menjadi program yang lebih mudah digunakkan.

Setelah kita mengenal system computer kini anda akan diperkenalkan dengan peralatan pendukung (hardware) tersebut. Adapun tujuan pengenalan adalah agar dapat mengetahui atau dapat mengunakanya, adapun peralatan-peralatan tersebut adalah sebagai berikut:


Key board
Alat yang digunakan untuk memasukkan data atau informasi atau membuat kode berdasarkan penekanan tombol-tombol kunci. Selain itu keyboard terdiri dari 2 jenis yaitu: jenis QWERTY dan jenis DVORAK namun yang banyak digunakan adalah jenis QWERTY, jenis qwerty ini sudah banyak dipakai dan di gunakan oleh masyarakat.

MouseAlat yang digunkan untuk mengatur posisi kursor dan mengerakan objek gambar ke suatu tujuan di dalam layer monitor. Contohnya: Logitech dan genius, dalam pembuatan mouse dimaksudkan untuk mempermudah pekerjaan anda dalam menggerakan kursor, pada awalnya mouse yang dibuat menggunakan roda, tetapi dengan pertumbuhan teknologi yang pesat kini mouse sudah menggunakan sinar laser merah pada permukaan bawah, selain itu kini mouse dapat digunakan dengan perangkat lain karena mouse sekarang sudah menggunakan teknologi USB atau biasa di sebut (Universal Serial Bus).
JoystickAlat yang digunakan untuk memindahkan objek gambar di dalam layar monitor contohnya Logitech. Fungsi joystick sama fungsinya dengan mouse hanya saja joys stick digunakan untuk program game seperti game mobil , menggunakan joys stick yang berbentuk stir mobil dengan menggunakan pedal gas, rem kopling, yang pastinya seperti mengendarai mobil asli.

Scanner
Alat yang digunakan secara otomatis untuk memasukan data huruf atau gambar pada selembar kertas atau objek lain ke dalam cpu yang akan di tampilkan di layer monitor contohnya: umax, hewlet Packard.


lightpen
Alat yang yang menyerupai pena dan dapat memancarkan sinar untuk di tuliskan langsung pada layar monitor atau pada bidang datar yang dirancang khusus untuk dapat di tulis dengan menggunakan pena.



Trackball
Alat yang digunakan untuk memindahkan kursor dengan cara menggerakan bola, alat ini mirip dengan mouse dan penggunaanya pun sama dengan mouse hanya saja trackball hanya di gunakan pada notebook atau leptop.

Touch screenAlat untuk memasukan data atau intruksi hanya dengan menyentuh permukaan layar monitor.
Peralatan Output

MonitorAlat yang digunakan untuk mengobservasi mengawasi, mengontrol atau melakukan verivikasi pada operasi suatu system.


Printer
Alat yang digunakan untuk mencetak grafik dan data yang lain pada selembar kertas.

Peralatan input/output


Disk Drive
Alat yang digunakan untuk membaca dan menulis (merekam) pada media penyimpanan disket atau floppy drive.



Modem
Alat yang digunnakan untuk modulasi dan demodulsi signal dan ditransmisikan melalui fasilitas komunikasi contohnya rockwell, dan us robotic.


Ethernet Card
Alat yang digunakan untuk mengirim dan menerima data pada saluran kabel secra lokal, contohnya: 3com , allied telesyn, dan d-link. ethernet ada yang berbentuk kartu (ethernet card) yang diletakkan didalam cpu dan dihubungkan dengan slot main board.

PcmciaAlat yang digunakan untuk menghubungkan komputer laptop (note book) dengan jaringan kabel , contohnya: 3 com.pcmcia ini sangat berguna sekali bagi pengguna note book agar terhubung dengan jaringan komputer.


Hub\Switch
Alat yang digunakan untuk menghubungkan kabel-kabel pada sebuah jaringan komputer. jadi hub ini berfungsi sebagaikonsentrator dari sebuah jaringan selain itu, hub juga berfungsi untuk mengatur arus data yang masuk dan keluar server, bisa di ibaratkan hub ini seperti lampu lalulintas, bila tidak ada lampu lalulintas, dapat dipastikan banyak terjadi kemacetan atau tabrakan, ini pula dapat terjadi pada jaringan.



Scsi Card
kartu elektronik yang digunakan untuk input atau yang di hubungkan dengan hard disk atu cd rom, kartu ini di letakan di dalam main board.

Cd romAlat yang digunakan untuk membaca media cd contohnya: compaq, sony, acer, dan asus sesuai dengan namanya alat ini hanya digunakan untuk membaca saja.Cd-rwAlat yang digunakan untuk membaca dan menulis pada media cd contohnya: yamaha dan hewlet packard, asus. cd read and write atau yang lebih dikenal dengan sebutan cd writer menyimpan data dengan cara menyinari cd tersebut.
Dvd romAlat yang digunakan untuk membaca dvd, alat ini merupakan pengembangan dari cd rom dan hanya digunakan untuk membaca lempengan disk saja.

Dvd-rw
alat yang digunakan untuk membaca dan menulis pada media dvd contohnya: samsung, asus, acer, sony. alat ini lebih dikenal dvd writer.

Mainboard (motherboard)Papan elektronik yang digunakan untuk tempat meletakan kartu card elektronik dan peralatan internal lainnya contohnya: asus, dfi

Alat ini sering di sebut mother board, karena alat ini sebagai induk dari semua peralatan-peralatan internal lainya yang semuanya di hubungkan dengan mainboard.a mainboard beragam jenis dan bentuknya. bahkan kini terdapat maoinboard yang sudah tersedia vga card on board.

VGA Card
kartu elektronik yang digunakan untuk menampilkan hasil input kedalam monitor contohnya: voodo, asus dan s3. dengan berkembangnya teknologi maka vga card sudah bisa mempunyai kapasitas yang tinggi dan beragam jenisnya.

0 komentar:

Posting Komentar